Website Dinas Komunikasi dan Informatika Pemerintah Kota Bima

Telpon : (0461) 21053

Berita Terbaru

Fumigasi dan Spraying Sangat Efektif Dalam Pengendalian Hama Gudang Beras Cadangan Pangan Pemerintah

Posted by Admin Dinas Ketahanan Pangan Kota Bima
Tanggal Jumat,20 Maret 2020

, 12 Maret  202009:15 Wita

 

Kota Bima - Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Bima bekerja sama dengan BULOG Sub Rayon Bima melakukan fumigasi dan Spraying terhadap beras Cadangan Pangan Pemerintah (CPP). Fumigasi ini dilakukan rutin untuk mengendalikan hama kutu yang menyerang. Meski obat yang digunakan berbahaya, petugas menjamin beras tetap aman dikonsumsi karena berada di ambang batas normal untuk manusia.

 

Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Bima, Ir. Syamsudin menjelaskan bahwa hama gudang masih menjadi faktor utama terjadinya susut pada bahan simpanan di dalam gudang. Susut yang ditimbulkan oleh hama gudang dapat berbentuk susut bobot, susut mutu, dan kehilangan kepercayaan konsumen terhadap produk pangan yang disimpan di suatu gudang yang memiliki sejarah infestasi serangga.

Fumigasi adalah cara tercepat untuk mengontrol hama gudang dan menghemat waktu serta biaya. Fumigasi juga merupakan cara yang terefektif untuk mengatasi berbagai jenis serangga/hama yang menyerang beras dan komoditas lainnya. Dengan fumigasi, sangat memungkinkan untuk mengontrol semua fase kehidupan hama dan dapat menjangkau area yang sulit diraih semprotan, serbuk, dan aerosol. Dalam pelaksanaan fumigasi sebagai perlakuan karantina, terutama untuk komoditas tertentu seperti beras, dan lainnya  yang langsung berhubungan (dikonsumsi) manusia sebaiknya menggunakan bahan aktif Alumunium Phosphide.

Pengendalian hama gudang dengan cara memasukkan atau melepaskan pestisida kedalam ruangan tertutup atau kedap udara untuk beberapa waktu dalam dosis dan konsentrasi yang dapat mematikan hama. Obat akan menyublim dan membunuh kutu yang biasanya menyerang beras yang disimpan lebih dari tiga bulan. Keuntungan pengendalian dengan cara ini yaitu efektif mengendalikan seluruh jenis hama, tidak merusak komoditi, tidak meninggalkan residu sehingga tidak berbahaya bagi konsumen dan dapat menjangkau hama hingga ketempat yang paling sulit. Jadi untuk menjaga dan merawat kebersihan gudang beras sebaiknya disamping fumigasi diharapkan bisa memberi perlakuan spraying (semprot) secara berkala supaya kutu-kutu bisa maksimal dibasmi, “ Ungkapnya.