Website Dinas Komunikasi dan Informatika Pemerintah Kota Bima

Telpon : (0461) 21053

Berita Terbaru

Launching Beras Cadangan Pangan Pemerintah Daerah dan Makanan Tambahan Balita Kurang Gizi Tahun 2020

Posted by Admin Dinas Ketahanan Pangan Kota Bima
Tanggal Rabu,15 Juli 2020

Kota Bima, Untuk membantu masyarakat lanjut usia dan Rumah Tangga Miskin yang memiliki pendapatan rendah pada saat darurat Corona Virus Disease-19  saat ini, Dinas ketahanan pangan kota Bima menyalurkan Bantuan Beras Cadangan Pangan Pemerintah Daerah dan Makanan Tambahan bagi Balita Kurang Gizi. Kegiatan yang dihelat dihalamamn Kantor Camat RasanaE Barat, Selasa,14 Juli 2020  itu dihadiri oleh Wakil walikota Bima, Asisten II Setda Kota Bima, Para Staf Ahli, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Bima, Kepala Dinas Sosial Kota Bima, Camat RasanaE Barat, Camat Asakota, Lurah Se-Kecamatan RasanaE Barat dan Se-Kecamatan Asakota serta para penerima manfaat yaitu Masyarakat Lanjut Usia dan Rumah Tangga miskin.

 

Dalam laporannya Kepala Dinas Ketahanan Kota Bima, Ir. Syamsudin mengatakan bahwa penyelenggaraan Cadangan Pangan Pemerintah Daerah Kota Bima dimaksudkan untuk mendukung penyediaan cadangan pangan di daerah dalam menghadapi keadaan bencana alam, krisis pangan, keadaan darurat atau keadaan lainnya selain itu sasaran penyaluran cadangan pangan pemerintah juga untuk menangani kerawanan pangan pada  Rumah Tangga Miskin dan Masyarakat Lansia khusunya pada saat darurat Corona Virus Disease-19. Hal ini sesuai dengan Peraturan Walikota Bima Nomor 41 Tahun 2018 dan Nomor. 17 Tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan Cadangan Pangan Pemerintah, Salah satunya seperti bantuan sekarang ini guna mendukung ketersediaan pangan utama bagi masyarakat lanjut usia dan rumah tangga miskin. Jumlah penerima manfaat sebanyak 955 KK yang akan diberikan kepada 475 KK di-6 Kelurahan se-Kecamatan RasanaE Barat dan 480 KK di-6 Kelurahan se-Kecamatan Asakota. Total bantuan sebanyak 9,55 ton dan Masing-masing KK mendapatkan 10 Kg beras. Sedangkan utk menerima bantuan makanan tambahan ada 110 balita, yang tersebar di kelurahan Melayu, Ule dan Jatiwangi. Untuk kelurahan Jatibaru, telah disalurkan bantuan dari TP-PKK Kota Bima berupa paket susu cair 1 Dus, Biskuit Milna 1 Kotak, dan gula 1 Kg.

"Bantuan ini kami berikan sebagai bentuk keprihatinan dan simpati kami kepada seluruh masyarakat yang terdampak bencana, Dinas Ketahanan Pangan Kota Bima mendistribusikan Beras Cadangan Pangan (CPP) dan berkontribusi setulus hati demi meringankan beban saudara-saudara kita yang sedang memerlukan bantuan. Semoga uluran tangan yang kami persembahkan bisa memberi kekuatan serta disambut dengan harapan agar kondisi yang sekarang terjadi bisa segera dilewati," ujar Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Bima.

 

Sementara itu Wakil Walikota Bima, Fery sofyan,SH  dalam sambutannya mengatakan bahwa penyerahan bantuan ini merupakan wujud perhatian dan komitmen pemerintah dalam menguatkan cadangan pangan didaerah. “ melalui program pemberian bantuan ini semoga dapat mengurangi beban pengeluaran bagi Masyarakat Lanjut Usia dan Rumah Tangga Miskin. Sehingga dapat bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan pangan di saat pandemi Covid-19 yang masih berlanjut, harapnya.